Pilih mana, Jasa Kontraktor Atau Jasa Pemborong?Amati, Perbedaannya

perbedaan paling mendasar antara jasa kontraktor dan jasa pemborong

Banyak sekali orang bertanya, apakah ada perbedaan antara Jasa Kontraktor dengan Jasa Pemborong? Lantas, dimana letak perbedaannya?Jawabannya, tentu saja dari kedua tersebut tidaklah sama. Perbedaan yang begitu signifikan dari kontraktor dengan pemborong yaitu dari segi pekerjaannya. Perbedaan ini bisa kita ambil contoh jika kita akan membangun atau renovasi rumah baru anda, Jelas kita akan memilih antara jasa kontraktor maupun jasa pemborong.

JASA KONTRAKTOR


Sebagian besar kontraktor sudah memiliki legalitas atau badan usaha hukum berfungsi sebagai badan usaha untuk menjalankan proyek baik proyek skala besar dan skala kecil. Tapi pada umumnya Kontraktor lebih menyukai mengerjakan proyek skala besar seperti pembangunan gedung bertingkat, Real Estate, Super Mall. 

Ruang lingkup kerja Kontraktor selalu dapat diandalkan, karena untuk mengerjakan proyek skala besar, Kontraktor harus memiliki Minimal 2 Tenaga Ahli Profesional. Sehingga pekerjaan Jasa Kontraktor lebih terstruktur dikarenakan proyek skalan besar harus merujuk kepada pembuatan RAB terlebih dahulu dan terjadi lebih dari satu kali pertemuan untuk membahas Surat Perjanjian Kontrak Kerja, Setelahnya dilakukan survey tempat pengukuran detail agar perhitungan menjadi tepat dan akurat.

Sistem pembayaran untuk jasa kontraktor dibagi menjadi sistem pembayaran termin dan sistem pembayaran cost and fee. Sistem termin ini biasanya dibagi menjadi empat tahap yang dibayar sesuai dengan progres proyek. Sebelum memulai proyek, umumnya Anda diharuskan untuk membayar uang muka atau down payment (DP) sebesar 25-35% dari nilai kontrak. Sedangkan untuk pembayaran cost and fee kontraktor bertindak sebagai pengelola proyek. Kontraktor yang memakai sistem ini akan mengambil 10% dari nilai proyek sebagai upahnya.

JASA PEMBORONG


Kita ambil dari perbedaan ruang lingkup pekerjaan Jasa Pemborong, lebih berpengalaman di bidang konstruksi bangunan Rumah Tempat Tinggal.Dan satu hal lagi mengenai pemborong yang tidak memiliki badan usaha karena dikerjakan secara individu. Biaya bangun rumah pemborong juga lebih murah dari jasa kontraktor.

Keuntungan kita dalam memilih jasa pemborong yaitu menggunakan sistem borongan yang berarti semua bahan material dan upah untuk tukang bangunan nantinya kita yang akan membayarnya, pemborong akan melakukan eksekusi proyek bangun rumah setelah rincian biaya dan desain rumah sudah ada.          

Jasa pemborong sendiri memiliki 2 cara pembayaran, yaitu sistem pembayaran harian dan sistem pembayaran borongan. Untuk sistem pembayaran harian kita menetapkan upah tukang bangunan sesuai kesepakatan yang telah di setujui oleh kedu belah pihak. Sedangkan sistem pembayaran borongan kita dapat memborongkan semua pekerjaan termasuk bahan secara total, atau bisa menyediakan bahan sendiri dan hanya membayar upah pekerja saja, semua tergantung dengan kebutuhan Anda.

Dari kedua Jasa pemborong dan Jasa Kontraktor memiliki kriteria masing-masing, disesuaikan dengan kebutuhan proyek yang ada. Dan jika anda sedang mencari Jasa Pemborong, anda dapat menghubungi kami secara langsung melalui informasi kontak kami.